Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Pengaruh Badai Khalmaedi Bagi Perairan Indonesia

Posted by kadarsah pada Juli 16, 2008

Badai Khalmaedi, seperti yang di beritakan oleh berbagai media (Rabu,16 Juli 2008 ) terdeteksi di selatan Taiwan. Kemunculan badai tersebut tidak akan berpengaruh bagi perairan di Indonesia. Badai yang terjadi dilaut bisa mendorong terjadinya gelombang yang tinggi dan menyebabkan hambatan bagi transportasi laut.

Badai memiliki siklus hidup dari yang beberapa menit sampai beberapa hari bahkan minggu, untuk Badai Khalmaedi memerlukan waktu 2 hari untuk mencapai daratan Taiwan. Siklus hidup badai ini akan berakhir pada tanggal 21 Juli 2008 atau memiliki siklus hidup selama enam hari ( sejak kemunculan tanggal 16 Juli 2008 di selatan Taiwan).

Akibat jalur yang dilalui oleh badai ini tidak melalui Indonesia maka perairan Indonesia aman dari pengaruh Badai Khalmaedi, tetapi untuk pelayaran yang melintasi selatan Taiwan akan mengalami hambatan yang sangat kuat mengingat tinggi gelombang bisa mencapai 8 meter. Hal ini bisa dibandingkan dengan informasi yang di rilis BMG, bahwa tinggi gelombang di Laut Jawa sekitar 3,5 meter, sedangkan di selatan Jawa atau di Samudera Hindia, tinggi gelombang mencapai empat meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: