Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Roadrunner

Posted by kadarsah pada Juli 4, 2008

Roadrunner adalah nama superkomputer generasi berikut di Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico, AS. Pada Juni 2008, Roadrunner menjadi superkomputer tercepat di dunia setelah mencapai kecepatan 1,026 petaflop. IBM membangun komputer ini bagi Departemen Energi Amerika Serikat. Roadrunner mempunyai rancangan hibrida dengan hampir 7.000 prosesor dual core Opteron AMD dan sekitar 13.000 CPU 8i PowerXCell IBM dalam TriBlade khusus yang dihubungkan menggunakan InfiniBand. Superkomputer yang bernilai US$133 juta atau lebih dari Rp.1,2 trilyun ini memiliki kemampuan setara dengan seperseratus dari tumpukan laptop tercanggih saat ini setinggi 2,5 km atau pekerjaan yang dilakukan sehari oleh Roadrunner akan terselesaikan selama 46 tahun oleh 6 milyar penduduk bumi ini dengan jam kerja 24 jam/hari.

Roadrunner menggunakan sistem operasi Red Hat Enterprise Linux dan dikelola dengan xCAT. Komputer ini menempati ruang seluas 1.100 m² dan mulai beroperasi pada tahun 2008. Roadrunner menjadi super komputer pertama yang bisa menembus batas psikologi ‘petaflop barrier’ (1000 triliun operasi) dan menjadi komputer paling cepat di dunia sekaligus membuka cakrawala baru dalam dunia sains yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Diciptakan oleh IBM dan Los Alamos National Laboratory, komputer yang kecepatannya lebih dari dua kali lipat komputer tercepat sebelumnya, Blue Gene/L buatan IBM. Roadrunner bisa melakukan lebih dari 1000 triliun operasi setiap detik. Sebagai pembanding Blue Gene/L adalah 478 triliun per detik/478 TeraFlops ( kurang dari separuh Petaflops dengan 212 992 prosesor).

Pada November 2007, kemampuan Blue Gene/L ini tiga kali lebih cepat dari superkomputer satu peringkat dibawahnya.

Beroperasi sejak awal Juni 2008, Roadrunner akan menggunakan 80% dari kapasitasnya untuk memastikan keamanan dan kehadandalan lumbung-lumbung senjata nuklir USA. Juga untuk penelitian astronomi dan pemetaan gen manusia. Para peneliti di Los Alamos sudah menggunakan untuk meniru proses kerja syaraf manusia yang sangat kompleks. Beroperasi di level teraflop berarti mesin ini bisa melakukan 1000 triliun perhitungan setiap detik.Untuk menguji peformanya, para ahli di Los Alamos Laboratory membuat program yang meniru sistem penglihatan manusia. Nama program itu Peta Vision. Sistem indra penglihatan manusia melibatkan satu miliar visual neurons dan triliunan synapses. Neuron adalah sel syaraf yang memproses informasi di otak. Neuron berkomunikasi dengan neuron lainnya menggunakan koneksi synaptic.

Seperti transistors di komputer. Synapses menyimpan banyak memori dan berperan penting dalam proses belajar. Synapses melakukan unjuk kerja seperti komputer ketika mendapat tugas untuk melihat. Karena adalah ribuan triliun synapses di otak manusia, proses mengenali manusia adalah persoalan komputer berskala petaflop.

Saat ini komputer belum bisa menyamai kemampuan manusia dalam melihat atau mengenali, misalkan membedakan teman dari orang asing di tengah kerumunan atau mobil tertentu di jalan tol. Roadrunner mengubah situasi itu. Dari pengujian dengan Peta Vision, Roadrunner terbukti bisa melakukan proses komputasi hingga 1,144petaflop.

Roadrunner menyatukan 6,948 dual core AMD Opteron (mikropresesor yang biasa ada di laptop) dan 12 960 prosesor PowerXCell 8i (yang dipakai Sony PS3). Ribuan komputer itu menempati area seluas 557m2. Memiliki 10 000 koneksi yang membutuhkan 91,2 km kabel serat optik, dan 80 terabytes memory yang beratnya 226,7962 kg dan mengkonsumsi listrik 3 Mw ( setara dengan kebutuhan listrik sebuah hipermarket) untuk melakukan 376 kalkulasi per watt serta ditempatkan dalam 288 rak seukuran lemari es.

Kegunaan lainny adalah melakukan simulasi efek obat-obatan terhadap tubuh manusia atau sistem keuangan yang sangat komplek hingga simulasi bagian dalam pesawat dalam satu set. (sumber: inilah.com dengan revisi seperlunya)

Satu Tanggapan to “Roadrunner”

  1. Maulana said

    Wah kapan ya kita bisa ikut menggunakan?
    Atau berapa cepat sih superkomputer yang kita punya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: