Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Urban Meteorologi

Posted by kadarsah pada September 6, 2007

Urban Meteorologi merupakan salah satu cabang dari ilmu meteorologi yang khusus mempelajari  pengaruh permukiman /kota terhadap variabel cuaca/meteorologi  seperti :temperatur, angin dan fluxes.  Tujuan penelitian dalam bidang ini adalah untuk mengembangkan model sederhana untuk mengukur dan menghitung variabel-variabel tersebut berdasarkan percobaan ( lapangan dan laboratorium),simulasi numerik dan analytis model.

Salah satu contoh nyata adalah bagaimana membuat desain suatu rumah agar rumah tersebut nyaman ditinggali dengan memperhitungkan kecepatan angin di sekitar lingkungan, kelembaban, panas laten dan intensitas presipitasi. Untuk kota-kota besar semacam Tokyo, New york , Singapore konsep keseimbangan panas yang di timbulkan oleh aktivititas manusia ( anthropogenis heat flux) mutlak dilakukan, salah satu caranya dengan membentuk taman kota.

Untuk mengetahui mengukur parameter meteorologi yang berpengaruh pada aktivitas manusia maka dapat didekati oleh suatu model, salah satunya untuk mengukur sirkulasi Eddy di suatu kota misal Sinjuku .

 

animation-1.gif

( Sumber:http://www.cv.titech.ac.jp/~kandalab/LES-CITY/LES-CITY-animation.html)

 

Atau untuk mengukur kondisi iklim suatu pemukiman penduduk dapat didekati dengan COSMO ( Comprehensive Outdoor Scale Model Experiment for Urban Climate

Dan hasilnya seperti dibawah ini (http://www.cv.titech.ac.jp/~kandalab/COSMO/COSMO-results.html):

a1.jpg

2 Tanggapan to “Urban Meteorologi”

  1. Surachman said

    Hallo,
    Mau tanya nich..balok-balok itu maksudnya mau ngapain dan apa hubungannya dengan urban meteorologi
    Trims

  2. kadarsah said

    Trims.
    Balok-balok itu merupakan bagian dari laboratorium lapangan yang disebut dengan COSMO (Comprehensive Outdoor Scale Model Experiment for Urban Climate) yang terletak di Kampus Nippon Institute of Technology, Saitama , Jepang (36o01’N, 139o42’E)sejauh 100 km dari Tokyo Metropolitan Area.COSMO tersebut didesain untuk mendekati kondisi sebenarnya ( iklim perkotaan).

    Tujuannya adalah untuk memahami keunikan iklim kota, dengan cara melakukan pengukuran parameter meteorologi pada laboratorium lapangan tersebut. Sehingga kita bisa menentukan proses fisik yang diakibatkan tingkat kekasaran permukaan dan proses di boundary layer meteorologi.

    Cogito Ergo Sum!
    Kadarsah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: