Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Indonesia Miliki 40% Cadangan Hutan Bakau Dunia

Posted by kadarsah pada September 4, 2007


Medan , 4 September 2007 14:56
Indonesia memiliki cadangan hutan mangrove (hutan bakau) tropis terluas di dunia seluas 3,8 hektare atau sekitar 40 persen cadangan mangrove dunia.

Direktur Yayasan Amanah Konservasi Alam (Akasia) Rasyid Assaf Dongoran di Medan, Senin, mengatakan, hutan mangrove terluas di Indonesia terletak di propinsi Papua dengan luas 2.934.000 ha, kemudian diikuti Sumatra Selatan seluas 195.000 ha dan Kalimantan Timur seluas 150.000 ha.

Berikutnya Maluku seluas 100.000 ha, Riau 95.000 ha dan Kalimantan Selatan seluas 75.000 hektare. Sementara hutan mangrove di Sumut menempati urutan ketujuh dengan luas sekitar 60.000 hektare.

Cadangan mangrove yang kita miliki ini harus dijaga dengan sebaik-baiknya karena memiliki peran penting sebagai pelindung pantai dari hempasan gelombang air laut, katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, dipandang dari sudut ekologis, secara langsung maupun tidak langsung, mangrove telah dikenal memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia.

“Hutan mangrove juga merupakan habitat berbagai jenis satwa, baik sebagai habitat pokok maupun sebagai habitat sementara,” ujarnya.

Ia menyebutkan, sebagai fungsi ekonomis, hutan mangrove juga bermanfaat sebagai sumber penghasil kayu bangunan, bahan baku pulp dan kertas, kayu bakar, bahan arang, alat tangkap ikan dan sumber bahan lain seperti pewarna.

Keberadaan hutan mangrove, tambah Rasyid, dapat terjadi pada lingkungan di sepanjang muara sungai atau lebih banyak dipengaruhi oleh faktor aliran sungai dan lingkungan yang lebih didominasi faktor laut.

Untuk kondisi hutan mangrove yang lebih banyak dipengaruhi faktor laut, biasanya suplai air tawar berasal dari curah hujan atau mata air. [TMA, Ant]

Satu Tanggapan to “Indonesia Miliki 40% Cadangan Hutan Bakau Dunia”

  1. kesemat said

    Salam kenal. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: