Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Takut Global Warming, 1 Juta Ha Hutan Dihargai US$ 500 Juta

Posted by kadarsah pada Agustus 30, 2007

2007-07-13 13:55:00

Gede Suardana – detikcom

Denpasar – Pemanasan global kian mengkhawatirkan negara-negara maju. Untuk menjaga kelangsungann hidupnya, negara maju akan membayar sebesar US$ 100 – 500 juta per 1 juta hektar hutan setiap tahunnya bagi negara yang melestarikan hutannya.

Demikian disampaikan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar usai membuka Semiloka Global Warming di hotel Sanur Paradise, Sanur, Denpasar, Jumat (13/07/2007).

Negara-negara maju di Eropa, Amerika, dan Australia akan melimpahkan uang sebesar US$ 20-30 miliar kepada 10 negara berkembang seperti Indonesia, Kostarika, Kongo, dan Brasil. “Hutan yang dibayar adalah hutan yang sudah ada dan terpeliharan dengan baik,” katanya.

Rencana pelestarian hutan di bumi dengan cara seperti itu akan ditetapkan dalam sebuah konferensi tentang pelestarian hutan yang akan diikuti oleh 189 negara di Bali pada akhir tahun 2007.

“Hutan kita dibayar untuk membantu negara-negara maju supaya mereka tidak mati akibat pemanasan global. Kita yang akan memberikan kehidupan kepada negara-negara maju,” kata Witolear yang pada pagi harinya melakukan penanaman pohon di Kedongan, Jimbaran, Bali.

Indonesia memiliki potensi hutan yang besar, yaitu 45 juta hektar, yang tersebar di Bengkulu, Kalimantan, dan Aceh. Saat ini, pemerintah tengah gencar melakukan penanaman pohon di lahan seluas 5 juta hektar.

Indonesia memiliki potensi akan menerima uang pelestarian hutan sebesar US$ 6 miliar per tahun. Jenis pohon yang dihargai lebih mahal adalah pohon yang hidup di hutan lindung atau hutan primer. Uang itu akan diberikan kepada kepala daerah untuk melestarikan hutan di Indonesia.

Untuk itu, Witoelar mengingatkan agar masyarakat Indonesia tidak melakukan illegal logging. “Jangan sembarangan memotong hutan atau menghalangi pelestarian lingkungan. Kalau kita tidak bisa menjaga hutan, maka kita akan didiskualifikasi,” ujarnya.
(gds/nrl)http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/13/time/135504/idnews/804556/idkanal/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: