Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Rata-rata Presipitasi 2006

Posted by kadarsah pada Agustus 2, 2007

time-lon.png

Dari gambar terlihat bawah selama setahun yang mengalami curah hujan maksimum adalah 110-141 ET yang berlangsung dari bulan Januari-April 2006.

Sedang yang mengalami curah hujan minimum  mencakup keseluruhan daerah selama bulan Juli-November 2006.

Kondisi diatas dilihat dari ujung barat s.d ujung timur Indonesia sedang jika kita menganalisis utara-selatan Indonesia bisa dilihat dari gambar dibawah.

time-lat.png

Hal yang amat berbeda jika dibandingkan dengan gambar di atas dimana Juli-Oktober pada posisi lintang di bawah Katulistiwa ( 20 LS-9 LS ) mengalami kekurangan jumlah curah hujan yang rendah ( berwarna gelap < 0.5 mm/hari). Dan mengalami curah hujan maksimum Januari-May dengan cakupan daerah 6 LU-18 LS.

grafik-lont.png

Grafik diatas menunjukan rata-cara curah hujan selama tahun 2006 yang dirata-ratakan berdasarkan daerah lintang 20 LS-10 LU dan waktu yang digunakan selama 1 tahun( Januari-Desember 2006) . Contohnya:

Pada longitude 125 E (Pulau Ambon dsan sekitarnya) memiliki nilai rata-rata curah hujan sebesar 4 mm/hari. Nilai 4 mm/hari ini merupakan rata-rata curah hujan selama satu tahun ( januari-desember 2006) dengan mencakup daerah dari 20 LS s.d 10 LU.

grafik-lat.png

Grafik diatas menunjukan rata-cara curah hujan selama tahun 2006 yang dirata-ratakan berdasarkan daerah longitude 90E-141 E dan waktu yang digunakan selama 1 tahun ( Januari-Desember 2006) . Contohnya:

Pada latitude 3 LU (Pulau Sumatera dan Kalimantan bagian utara) memiliki nilai rata-rata curah hujan sebesar 6.4 mm/hari. Nilai 6.4 mm/hari tersebut merupakan rata-rata curah hujan selama satu tahun ( januari-desember 2006) dengan mencakup daerah dari 90 E s.d 141 E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: