Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

8 Tewas Akibat Gempa di Jepang

Posted by kadarsah pada Juli 16, 2007

2007-07-17 05:26:00

Arfi Bambani Amri – detikcom

Kashiwazaki – Delapan orang tewas dan 875 orang terluka akibat gempa 6,8 Skala Richter yang mengguncang Jepang Senin 16 Juli 2007 pagi. Gempa juga mengakibatkan air mengandung radioaktif mengalir keluar dari sebuah PLTN.

Gempa kuat yang mengguncang 200 km di utara Tokyo ini juga merusak ratusan rumah. Kerusakan paling parah terutama melanda kota Kashiwazaki, Jepang.

“Namun saya merasa setidaknya lega karena keluarga saya selamat,” kata seorang warga yang rumahnya rusak parah, Satoshi Hirokawan (51), seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/7/2007).

Menurut Kepolisian Jepang, semua korban meninggal adalah mereka yang berusia di atas 70 tahun. Rata-rata tewas karena telat menyelamatkan diri dari bangunan yang rubuh di Prefektur Niigata dan Nagano.

Petugas penyelamat masih berjuang untuk mencari korban-korban lain yang kemungkinan tertimbun bangunan runtuh. Tak kurang dari 800 bangunan dirusak oleh gempa yang sempat menimbulkan tsunami setinggi setengah meter itu.

Korban minimal karena pada hari gempa terjadi, merupakan hari libur bagi bank-bank di Jepang. Sehingga, pasar keuangan dan banyak kantor tutup pada hari itu.

Jepang merasakan 20 persen dari gempa terkuat di dunia. Posisinya berada di lempeng tektonik antar benua, sehingga membuatnya rentan dari gempa dan tsunami. Pada Januari 1995, gempa berskala 7,3 merusak Kobe, menewaskan 6.400 orang. (aba/aba)(news from cache)Reload from Original

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/17/time/052636/idnews/805671/idkanal/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: