Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Garis Wallace, Weber dan Lydekker

Posted by kadarsah pada Juli 2, 2007

Garis Wallace adalah sebuah sempadan hipotetis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia. Bagian barat dari garis ini berhubungan dengan spesies Asia; di timur kebanyakan berhubungan dengan spesies Australia. Garis ini dinamakan atas Alfred Russel Wallace, yang menyadari perbedaan yang jelas pada saat dia berkunjung ke Hindia Timur pada abad ke-19. Garis ini melalui Kepulauan Melayu, antara Borneo dan Sulawesi; dan antara Bali (di barat) dan Lombok (di timur). Adanya garis ini juga tercatat oleh Antonio Pigafetta tentang perbedaan biologis antara Filipina dan Kepulauan Maluku, tercatat dalam perjalanan Ferdinand Magellan pada 1521. Garis ini lalu diperbaiki dan digeser ke Timur (daratan pulau Sulawesi) oleh Weber. Batas penyebaran flora dan fauna Asia lalu ditentukan secara berbeda-beda, berdasarkan tipe-tipe flora dan fauna. Garis ini lalu dinamakan “Wallace-Weber”. ( id.wikipedia).

Gambar-gambar berikut di ambil dari: http://www.starfish.ch/tauchen/Indonesien.html

wallaceline.gif

Gambar Paparan Sunda:

wallacea-migration.gif

Gambar troughflow Indonesia:

throughflow.gif

About these ads

69 Tanggapan to “Garis Wallace, Weber dan Lydekker”

  1. rk berkata

    Kang…ketemu juga akhirnya!!!mo minta tolong donk:

    http://ioc3.unesco.org/oopc/state_of_the_ocean/sur/ind/setio.php

    Kira2, klo mo ngebaca *.cdf nya dan diubah ke ascii gimana yah? rk udah install netcdf, udah pake grads tp gagal jg.

    Tolong donk boss.

    Wassalam,
    -r/K-

  2. kadarsah berkata

    Terimakasih Mas,

    Saya sudah cari-cari sofwarenya tapi gak ketemu juga. Dulu sih saya menggunakan fortran untuk mengubahnya ke ascii. Trus kalau untuk membaca file netcdfnya kan bisa digunakan Matlab (Pak Agus Setiawan sudah buat tulisan tentang ini). Hanya sekarang saya tidak memakai/tidak bergelut di bidang itu lagi jadi gak ngerti lagi.
    Saran saya sih bisa dipelajari Matlab untuk membacanya…..

    Terimakasih, jika ada info lebih lanjut saya infokan.

    Kadarsah

  3. tika berkata

    kok nggak ada tentang garis weber yach???

  4. kadarsah berkata

    Mohon di amati lagi gambar pertama yang bergaris kuning dan tertulis Weber’s line.

  5. dedy berkata

    pak..saya ada pertanyaan yang sulit buatku..tlg di jawab ya..
    Benua gondwana adalah benua apa sebenarnya (australia purba ato asia purba??)

  6. kadarsah berkata

    Mohon maaf saya tidak bisa menjawab

  7. melki el roi berkata

    garis weber nya mana??

  8. riesni berkata

    Sebelumnya salam kenal kang Kadarsah,,
    mau tanya sesuatu niy..
    lagi penasaran sama fenomena gelombang Rossby..
    bisa jelasin ke saya? makasih sebelumnya…

    • farid berkata

      gelombang Rossby bukannya satu fenomena ianya satu gelombang yang boleh diintepret dari kepelbagaian gelombang diatmosfera ataupun dilautan.
      gelombang ini mempunyai nombor gelombang satu (berskala planetary) iaitu dalam satu masa cuma boleh wujud satu enhancement dan satu suppression. gelombang ini mempunyai panjang gelombang sekitar 4000 ke 12000 km. Antara gelombang Rossby yang popular adalah gelombang panjang Rossby pada 500 hPa dan juga gelombang terperangkap ekuator (equatorial Rossby wave) bagi atmosfera.

  9. ananda berkata

    knp kok garis weber dan wallace warna nya warna warni sih jadi kan gak gak jelas garis nya. sebelum nya makasih ya.oh ya……………sama pulau nya gak usah pake warna.makasihya.^_^

  10. ITEL berkata

    COOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

  11. nurlela berkata

    kox penjElasan GarIs weber’y gx da mksh sblm’y

  12. fauza berkata

    pak,pengertian garis weber nya mana ya ?
    mohon di lengkapi dong.

  13. juliet berkata

    thank’s you can help me

  14. abigel berkata

    cari-cari garis weber kok susah bnget sich…

  15. sisca clara berkata

    apa ya perbedaan garis weber dan garis wallace

  16. sisca clara berkata

    betul3 susah carinya (garis weber dan garis wallace)

  17. sisca clara berkata

    betul3 susah carinya

  18. Yana meliani berkata

    arti garis webber nya mana?

  19. Roberto berkata

    Weber itu apaya,,,,,,,,,
    Wallacea juga apa tolong gan apa itu Weber&Wallacea

  20. Roberto berkata

    Weber itu apa ya,,,,,,,,,
    Wallacea juga apa tolong gan apa itu Weber&Wallacea

  21. Roberto berkata

    Weber itu apa ya,,,,,,,,,
    Wallacea juga apa tolong gan apa itu Weber&Wallacea Please…………………………………..:D,:(,:-P

  22. dicky berkata

    apa nama tempat garis weber berada

  23. Erdian berkata

    kalo garis weber mana om.

    • Ujang berkata

      Busyet dah ini bocah2 pada mabok apa ya. Baca dulu itu tulisannya diatas, jelas2 ada penjelasannya semua, garis Wallace dan Weber, nggak perlu ditanya2 lagi.

  24. rey berkata

    garis lydekker membagi atas flora ato fauna

  25. garis weber appa sebeeeed!!!

  26. ANTON HALLAWA berkata

    KOK GK LENGKAP?

  27. Yogi maulana berkata

    Pan si kk perbedan ketiga tu

  28. NUR MALA berkata

    tERiMaH KasiH

    DeNgAn

  29. Gita berkata

    pak saya mau tanya ,
    kan ada dangkalan sunda dan dangkalan sahul.
    dangkalan sunda termasuk wilayah barat, dangkalan sahul wilayah timur.
    nah klo wilayah tengah disebut apa y ?
    tapi ini bukan bahas tentang flora & fauna.
    mohon penjelasan secepatnya y pak . trims

  30. aldy berkata

    aduh gg ngerti deh tentang garis wallace and webber

  31. kartikamazing berkata

    wah ini nih peta dan penjelasan yg saya cari-cari
    thank gan :-)

  32. Surya Aji berkata

    Mau nanya nih, tpi bukan masalah flora fauna, berkaitan dgn masalah persebaran Manusia Purba. Persebaran Manusia Purba menurut Garis Wallace bgaiman?…

  33. radenpekik@yahoo.com berkata

    blog yg cukup bagus..sedikit masukan, untuk setiap artikel bisa dicantumkan referensi atau sumber aslinya.thx
    pekik-editor intan pariwara

  34. radenpekik@yahoo.com berkata

    karena sumber yg ada kurang lengkap penulisannya

  35. ira berkata

    mau cari peta persebaran fauna di Indonesia, tapi bukan cuma garis-garisnya aja. tapi pake nama binatang nya juga..
    (buat tugas) ada gak yaa? :/

  36. puput berkata

    mau cari perbedaan fauna barat indonesia dan timur
    (buat tugas) tp ko itu sikit yak tlong yg lengkap . hhe :D

  37. amelia berkata

    kok kagak ade funggsi nya ?

  38. natalia berkata

    koq ngga ada pengertian garis webber’nya ?

  39. KIKI FAREL berkata

    SEBUTKAN SEMUA FAUNA DI INDONESIA MENURUT WEBER

  40. KIKI FAREL berkata

    GARIS FLORA DAN FAUNA MENURUT WEBER DAN WALLACE DIKOTA APA AJA?????????????????????????????????? :-D :-O :-B

  41. garis wallace terletak dimana yah ?
    and garis weber t letak.a dimana juga yach ?
    bantu aku ngejawab yach kakak,,abang,,bapak,,,spa aj yg tau lh ..
    mkassiii :)

  42. lala berkata

    pak mengapa sih ada garis wallace dan weber itu???????
    Faktor apa yang mendasari terbentuknya garis webber dan wallace itu?????

  43. Keletz berkata

    kk mana Garis webbernya

  44. ka tlng di perjelas pngertian garis wallacenya dwnk

  45. Ravidho berkata

    Batas x dmna ja sh??

  46. fila sofia berkata

    mana garis weber.a kok gk ad

  47. sheren berkata

    tolong dong bos buat tugasnih apa yg dimaksud dgn garis weber

  48. Diana Novieta berkata

    Tolong dong jawab pertanyaan aku ,
    Menagap ada garis webber dan garis wallace ?

    .Jawab yahk

  49. Emil dr berkata

    Gan Garis Webernya kok gk ada… please jwab untuk ulangan Ips

  50. Fuji berkata

    Garis weber nya…???!

  51. ikha Febrianti berkata

    Apakah pada Garis Wallace ini memotong pulau ?

  52. reyna berkata

    tengkyuuuuuuuuuuuuuuu..

  53. ngibul.bgt sih.gk ad garis weber nya -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: