Kadarsah

Meteorologi dan Sains Atmosfer

Rata-rata Curah Hujan Bulanan Indonesia (1961-1993)

Posted by kadarsah pada Juni 29, 2007

Berikut merupakan rata-rata curah hujan Indonesia selama 32 tahun ( 1961-1993), pola curah hujan ini sangat lengkap mengingat data yang digunakan sangat memadai 32 tahun (gambar curah hujan ini merupakan hasil riset Dr.Edvin Aldrian).

indonesia.png

Dari gambar tersebut dapat kita analisis bahwa:

Desember-Januari-Februari merupakan musim hujan yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata curah hujan. Sedangkan bulan Juni-Juli-Agustus merupakan musim kering yang ditandai dengan berkurangnya rata-rata curah hujan.Bulan-bulan lainnya disebut sebagai musim peralihan. Maju atau mundurnya musim hujan dan musim kemarau sangat di pengaruh oleh berbagai fenomena meteorologi diantaranya: El Nino, dan La Nina .

About these ads

133 Tanggapan to “Rata-rata Curah Hujan Bulanan Indonesia (1961-1993)”

  1. La An said

    waduh informasi klimatologi yg lengkap bngat
    salut saya….

    tp saya mau tanya
    peta2 di atas di analisis pake apa?
    brp pos curah hujan yg mewakili?

    makasih atas jawabannya

  2. kadarsah said

    Gambar diatas merupakan hasil disertasi Dr.Edvin Aldrian yang menggunakan data observasi yang terlengkap yang pernah saya ketahui.

    Peta tersebut dimunculkan dengan menggunakan GrADS. Pos hujan yang diwakili sekitar lebih dari 800 buah.
    Untuk lebih lengkapnya bisa didownload disini disertasi atau jurnal terkait.http://www.google.co.id/search?q=Edvin+Aldrian&hl=ja&start=60&sa=N

  3. hendra said

    Permisi, numpang tanya
    Saya awam di bidang klimatologi,

    Saya punya data curah hujan bulanan, di satu daerah semisal : 444,5

    Yang mau saya tanyakan :
    – Dalam satuan apa data tersebut,
    – Apa yang dimaksudkan dengan data curah hujan sebesar 444,5 tersebut.

    Saya memerlukan informasi tersebut

    Terima Kasih Sebelumnya

    Marhendra
    mar.hendra@yahoo.com

  4. kadarsah said

    Saya hanya menduga saja sebab saya kan tidak membuat atau mengetahui proses pembuatan datanya.
    -satuan data tersebut dalam mm/bulan ( milimiter/bulan).
    -artinya bahwa rata-rata curah hujan yang terukur pada daerah tersebut selama sebulan sebesar 444.5 milimiter.
    Proses pengukuran pada suatu daerah/tempat akan semakin baik jika pos pengukuran curah hujan semakin banyak.

    Terimakasih
    Kadarsah

  5. AW said

    saya kagum pada hasil penelitian yang ditampilkan di situs ini tapi saya bingung ……. ?

  6. indrag said

    Untuk Sdr Hendra (mar.hendra@yahoo.com)…
    Untuk pertanyaan saudara, dan sudah dijelaskan pak kadarsah, sudah lengkap sebenarnya. Cuma nambah dikit aja nih…:)

    Curah hujan 444.5 (444,5 mm dalam satu bulan), artinya dalam satu bulan turun hujan sebanyak 444,5 liter pada luasan 1 meter x 1 meter, di pos atau stasiun pengamatan tersebut.
    Ini tinggi sekali, biasanya di bulan-bulan puncak musim hujan, misalnya di beberapa tempat didaerah saya si Sumatera Utara pada bulan Oktober, atau didaerah yang curah hujannya memang tinggi seperti Bogor.

    Demikian, mohon koreksi….

    • thseto said

      hehehee…. mengapa harus dlam luasan 1m x 1m?
      aya aya wae……

      • Darma said

        Sdr. Thseto,
        Tidak ada yang pantas ditertawakan di sini. Sdr. Indrag hanya memperjelas makna satuan milimeter dalam pengukuran curah hujan. Dia mengubah satuan mm menjadi liter dengan cara mengalikan besarnya curah hujan dengan luas permukaan yang mendapat hujan tersebut. Hasilnya, curah hujan (rainfall depth) 1 mm berarti 1 liter air hujan turun di permukaan seluas 1 m persegi. Gunanya untuk menghitung neraca air, misalnya dalam rangka menghitung rasio CH-air limpasan dari suatu DAS.
        Saya harap setelah 3 tahun lebih berlalu (Nov 2009-Jan 2013), Anda sudah lebih bijak dan mengerti sedikit Hidrologi, meskipun dulu mungkin tidak pernah lulus mata kuliah itu.

  7. donie said

    Situs ini sangat bagus baik dari segi kualitas data maupun analisanya. Perkenalkan saya doni GIS staff WWF for forest fire project. Saya saat ini sedang membutuhkan data rata2 curah hujan bulanan untuk provinsi2 di Indonesia (terutama daerah yg memiliki tingkat kebakaran hutan yg tinggi) dapatkah saya memperoleh data curah hujan tersebut, baik dalam bentuk shapefile ataupun grafik per prvinsinya, khusus untuk tahun 2007 atau 2006. Kalau ada mungkin bs dikirimkan ke email dprihatna@wwf.or.id terimakasih sebelumnya. Saya juga mempunya banyak sekali data GIS, mungkin kita bisa share data sehingga kita bs melakukan analisis spasial yg lebih baik lagi.

  8. kadarsah said

    Untuk data curah hujan yang digunakan di atas saya tidak memilikinya mungkin bisa langsung menghubungi yang bersangkutan (Dr.Edvin Aldrian ) di emailnya edvin[at]webmail.bppt.go.id.
    Untuk tahun 2006 dan 2007 bisa menghubungi BMG atau kalau ingin global bisa menghubungi GPCC.

  9. yose rizal said

    Data curah hujan rata-rata setiap propinsi bisa dilihat dimana?

  10. Raras said

    Mungkin bisa ke bmg kali..tapi aku gak yakin soalnya…rata-rata per propinsi sesuatu yang tidak statis.Propinsi suatu saat bisa mekar lagi..kayak banten dan Jawa Barat

  11. Arie Febry said

    di BMG Pusat / Klas I ada. (tapi bayar … selembar 30 rb) trus di Kehutanan juga ada. (cm rahasia)

  12. Anonim said

    Data CH rata2 untuk daerah2 Indonesia yg murah meriah atau gratis ada tdk??

  13. kadarsah said

    Ada bisa di lihat di tulisan :Data Presipitasi Global GPCP atau ke NOAA di situ bisa di download data curah hujan berupa angka dan bisa juga langsung di plot berupa image.

  14. Danang Anggoro said

    Mau tanya, curah hujan dikatakan tinggi, rendah atau sedang itu gimana penjelasannya??? Makasih

  15. Melia said

    Saya membutuhkan data curah hujan daerah Jawa Barat tahun 1984-1990 utnuk tugas,kira2 di mana saya bisa mendapatkannya?

  16. Nur Rokhman said

    Saya membutuhkan data curah hujan dan jumlah hari hujan di kepulauan Mentawai, mohon dibantu.Mksh

  17. forstuklim said

    untuk keperluan tersebut bisa menghubungi BMG bidang data dan informasi ( disitus BMG terdapat alamat yang bisa dihubungi).Kalau untuk data global bisa didownload di NOAA atau GPCP.

  18. utomo said

    Selamat siang.
    Mohon bantuannya.
    Saya mempunyai curah hujan bulanan maksimum dalam 10 tahun adalah 450 mm dengan hari hujan 20 hari.
    Saya ingin membuat kolam penampungan untuk suatu cathmant area yang hanya seluas kurang lebih 16 Hektar.
    Kolam penampungan ini saya buat untuk menampung air dari cathmant area tersebut dan diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai milik umum.
    Berapa kira2 volume kolam penampungan yang harus saya buat ? (luas ?)

  19. kadarsah said

    Saya akan mencoba menjawab.
    Dan jawaban saya tidak akan terlalu teknis menyangkut perhitungan matematika.
    Untuk membuat dam atau penampungan air atau jembatan seperti di atas lebih aman dan baik memiliki data curah hujan lebih dari 30 tahun bahkan 100 tahun, dengan tujuan mendesain umur dari bangunan dan memprediksi banjir tahunan.Sehingga bisa ditentukan desain bangunan yang sesuai dengan kondisi curah hujan didaerah itu.

    Curah hujan yang terjadi ( maksimum)diperlukan agar dam bisa menampung masukan air yang maksimum.
    CH maksimum (450 mm)dikali 20 hari hujan dikali luas area tangkapan air hujan ( dimana hasil tangkapan air hujan tersebut dialirkan ke dam yang akan dibuat).Untuk perhitungan lebih teknis curah hujan ini (=curah hujan wilayah) dapat digunakan beberapa metode.

    Beberapa hal yang harus di perhitungkan:
    1.Luas tutupan vegetasi area
    2.Kemiringan lahan
    3.Intensitas hujan
    4.Struktur tanah ( berpasir, tanah liat, dlln)
    5.struktur lapisan dasar dam ( berpasir,tanah liat,cadas atau…)

    Terimakasih

  20. utomo said

    OK.
    Terima kasih atas jawabannya.

  21. Jajat S said

    Hanya menambahkan saja.
    Di Meteorologi yang khusus membahas tentang siklus air dan aplikasinya dalam bidang desain dam,bendungan,DAS,drainase dibahas dalam Hidrometeorologi.
    Berbagai metode dengan berbagai kelebihan dan kekurangan dan dengan mempertimbangakn vegetasi,ketinggian, kontur tanah dapat digunakan untuk menghitung curah hujan wilayah. Selain itu menghitung banjir tahunan, 5 tahunan dlln.

  22. benhard said

    Dan lebih komprehensfi lagi jika dipadukan dengan hidrogeologi serta hidrologi.

  23. hartini said

    saya sedang mengerjakan TA saya untuk jenjang S1, kebetulan saya ingin mengambil data spasial, kebetulan saya mo pake Sequential Gaussian Simulation, yang cocok digunakan untuk data spatial kontinu, misalnya porosity dan permeability, tapi koq nyari datanya susah.. kira2 klo data curah hujan bisa ga ya dianggap kontinu??
    tapi koq otak saya belum bisa nyambung ya data curah hujan jadi data spatial kontinu (spatialnya yang geostatistik), mungkin klo data spatial lattice agak nyambung… da saran ga kira2 data spatial kontinu contohnya apa?? maaf klo pertanyaan saya mungkin salah alamat, tapi saya bener2 bingung…
    yang agak sedikit mengena mungkin data daya resap tanah terhadap air, jadi bisa dijadikan studi untuk mencari daerah mana yang cocok utnuk dijadikan daerah resapan, klo seumpama saya pengen data seperti itu kira2 darimana ya??
    makasih ya Pak sebelumnya……

  24. kadarsah said

    1.Mohon diperjelas tema tentang TA.?
    2.Data yang dimaksud data macam apa yang diperlukan?
    3.Data yang spatial kontinu itu yang Sdri. maksud seperti apa?

    Kalau di meteorologi ( meteorologi pencemaran udara) bisa menggunakan Teori Gauss untuk mengetahui pola penyebaran asap.
    Terimakasih

  25. La An said

    ikut bingung juga ama pertanyaannya mbak hartini :mrgreen:
    itu porositas tanah dan permeabilitas tanah ya? klo emang data itu yg dicari, biasanya dikonversi dari peta jenis tanah. tp ttap aja kasar haslnya. data hujan yg kontinyu? *ga ngerti* :D sedangkan hasil analisis spasial menggunakan geostatistik sih saya anggap sebagai sebuah pendekatan untuk menampilkan secara spasial dari sebaran hujan. analisis ini masih sah2 aja apabila masih mendekati keadaan rata2nya.
    faktor yg menentukkan daya resap tanah itu bnyak dan cepat bngat brubahnya, tp dr peta jenis tanah sdah bisa mendekati utk bisa mngetahui daya resap tanah. sayang bngat koefisien2 utkmngetahui hal2 tersebut susah bngat di cari. ada yg punya ga ya…..?

  26. hartini said

    berhubung waktunya mepet saya berencana memakai Sequential Gaussian Simulation, dimana sependek pengetahuan saya yang baru belajar tentang data spatial, dalam metode ini terdapat penyempurnaan dari Kriging dimana pada Kriging terdapat variansi yang hilang. nah biasanya metode ini digunakan untuk data spatial yang kontinu. tapi menurut saya bukan data spatial yang berbentuk lattice area. tapi lebih ke yang titik (saya agak ga yakin, maaph)atau geostatistik.
    gitu.. kira2 data seperti itu contohnya apa?
    rencana saya kalo seumpama datanya susah mendingan saya ganti tema aja. sebelumnya makasih atas bantuannya ya….. :)

  27. Citra said

    Saya membutuhkan data curah hujan bulanan untuk wilayah Bandung Timur. Saya sudah coba menghubungi BMG Bandung tapi disana hanya ada satu stasiun hujan yang berkaitan dengan wilayah studi saya. Selain BMG, dimana lagi yang memiliki data curah hujan untuk wilayah Bandung, terutama untuk 30tahun ke belakang?
    Terima kasih.

  28. kadarsah said

    Silakan akses data di (dan download data yang sesuai):
    1.http://www.cru.uea.ac.uk/~mikeh/datasets/global
    2.ftp://ftp.ncdc.noaa.gov/pub/data/gpcp
    3.ftp://ftp.ncdc.noaa.gov/pub/data/gpcp/version1
    4.http://precip.gsfc.nasa.gov link yang mudah dan interaktif.
    5.ftp://ftp.ncdc.noaa.gov/pub/data/globalsod

    Trims

  29. asyafe said

    Wawasan bapak buanyak & dinamis banget..salut saya!. Senang berkenalan, great article! :-)
    Salam hangat.

  30. Dhana Permana said

    Saya tertarik dengan curah hujan dan saya ingin membuat thesis untuk master, dan saya ingin data tersebut adalah data curah hujan jakarta untuk beberapa tahun kebelakang dan data tersebut saya jadikan perkiraan cuaca untuk beberapa bulan kedepan, pertanyaan y

    1. bagaimana saya bisa mendapatkan data bmg tentang curah hujan, apakah kontak langsung dengan Bp.Edvin Aldrian atau saya langsung ke BMG langsung.
    2. Ada Saran atau komentar yang bisa mendukung penulisan saya

    Terimakasih sebelumnya

    Salam

    Permana

  31. kadarsah said

    Terimakasi atas pertanyaannya.
    1.Data silahkan bisa menanyakan dulu ke BMG atau ke Pak Edvin secara langsung menyangkut data mana yang dibutuhkan dan persyaratan lainnya.

    2.Saya belum bisa berkomentar lebih jauh mengingat:
    a)metode apa yang akan digunakan untuk prediksi?
    b)kalau memang model yang akan digunakan model apa?

    Salam,
    Kadarsah

  32. Ari said

    kebantu banget buat tugas meteorologi tropis nh pak. boleh mnta penjelasan tentang karakteristik temperatur dan kelembaban di daerah tropis, khusus asia, indonesia dan amerika latin. atau link yang membahas ttg itu?

  33. kadarsah said

    Terimakasih atas tanggapannya.

    berikut beberapa link yang terkait dan silahkan diliat yang memungkinkan:
    http://kadarsah.wordpress.com/2007/06/29/data-meteorologi-wyoming/
    http://kadarsah.wordpress.com/2007/08/07/link-meteorologi/
    http://kadarsah.wordpress.com/2008/07/31/link-meteorologi-ii/

    Untuk data tentang Indonesia:
    http://www.bmg.go.id/data.bmg?Jenis=Teks&IDS=7304622262647624655
    http://iklim.bmg.go.id/index.jsp ( tentang klimatologi, silakna di cek satu persatu link dibawahnya).
    http://www.bmg.go.id/data.bmg?Jenis=Teks&IDS=3093805704743005223 ( ada artikel yang bisa didownload).

    Trims
    Semoga membantu

  34. Kadarsih said

    Tingkat akurasi pemodelan nya sebesar apa ya?
    Kenapa Jakarta banjir terus….

    Btw,
    Kamana wungkul euy

  35. kadarsah said

    Tingkat akurasi pemodelan memang perlu terus dikembangkan sebab hambatan didaerah katulistiwa adalah banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi iklim/cuaca.

  36. suPan said

    saya sangat awam sekali tentang krimatologi (mohon bantuannya)

    saya ingin bertanya…

    Apakah bisa, jika saya ingin melakukan prediksi curah hujan dengan menggunakan salah satu algoritma optimasi heuristic, yaitu Algoritma Genetika(dimana prediksi yang dihasilkan mampu menggambarkan hasil yang non-linier), dengan menggunakan data time series curah hujan??

    Kira-kira faktor apa saja sih yang mempengaruhi besar-kecilnya curah hujan dan faktor apa saja yang mempunyai pola perulangan yang continue?

    Terima kasih

  37. suPan said

    Oiya,,apakah bapak mempunyai data numerik curah hujan 1970-2008?
    jika ada mohon kesediaanya untuk mengirimkan ke email saya supantari@gmail.com

    (saya sdh berusaha search di internet tp belum ktmu format yang pas dan cencerung bingung membacanya)

    Mohon bantuannya…

  38. kadarsah said

    Mohon maaf data tersebut tidak ada tapi bisa didownload dari data global .Di situs-situs NOAA atau GPCP.

  39. kadarsah said

    Mungkin bisa di cari disitus yang alamatnya telah saya berikan di atas.

  40. Rosmina Zuchri said

    kalo ada data hujan harian 1996-2006

    bgmn menghitung hujan rata2 setiap bulan dan juga rata2 hujan tahunan.

    apa ada metode untuk menghitungnya.

    sy sdng d Malaysia

    thanks

    Rossy

  41. kadarsah said

    Saya kira untuk menghitung rata-rata bulanan/tahunan bisa digunakan rumus statistik biasa.
    Dengan menjumlahkan jumlah curah hujan harian trus membagi dengan banyaknya hari.

  42. chita84 said

    saya sangat awam masalah klimatologi, saat ini saya sedang mengerjakan tesis di bidang interior/arsitektur dengan studi kasus di daerah Bandung, tepatnya di daerah Bandung selatan.

    disebutkan bahwa Bandung memiliki curah hujan rata-rata 190.2 mm, bisa tolong diartikan buat saya apa maksud dari data tersebut? apakah itu termasuk daerah dengan curah hujan tinggi? apa yang dimaksud dengan curah hujan tinggi?

    terimakasih banyak.

  43. mas minta tolong dong punya referensi peta curah Hujan Jakarta bulan november 2007 kalau ada kirim ke e-mail saya : imrangt@yahoo.co.id Thanks be for

  44. Bulan” ini hujan mulai tiba segera sedia jas hujan bagi yang berpergian.

  45. Yessy said

    Sy bs minta data hujanny tdk?untk tgs hidroMeteorologi,.kalau bs,tlg d krm k email yessy2612@yahoo.co.id

  46. arkan x said

    mas saya mau tanya:
    1.apa yang di maksud dengan curah hujan..?
    2.apa yang menyebabkan terjadi/turunnya hujan es..?
    3.dan bagaimana proses terjadinya hujan asam..?

    tlg kirim ke blog saya…..http://arkansape.blogspot.com
    sebelumnya terima kasih banyak..!?!

  47. arkan x said

    0ww..iya mas klo boleh saya mau minta gambar siklus proses terjadinya hujan es dan hujan asam donk…thank’s..!!!

  48. Regi said

    mas, sy mau tanya bgmana cara menghitng debit atau curah hujan yg jatuh, tlng krm ke email sy a mas.. Thanks.

  49. ardina said

    mas, aku mint tolong dong…
    ku udah nyari kemana-mana tentang data curah hujan jogjakarta perstasiunnya…
    bisa kirimin ke e-mailku ga?
    makasih sebelumnya

  50. rhenny said

    dimana ce mencari data curah hujan provinsi yang 10tahun??????????????

  51. fahmi said

    minta data curah hujan lampung dong 10 th terakhir. tq

  52. farid said

    mas saya mau tanya tentang el nino :
    ketika el nino terjadi, suhu permukaan laut di naik dan otomatis evapotranspirasi tinggi, tapi mengapa di Indonesia curah hujannya sedikit???

    makasih sblumnya atas jawabannya

  53. Donaldi said

    Menanggapi pertanyaan tentang fenomena El-Nino, perlu diketahui bahwa pada saat El-Nino terjadi kenaikan suhu permukaan laut di bagian timur Samudra Pasifik (pantai barat Amerika selatan). Hal ini menyebabkan terjadi “warm pool” di pantai barat Amerika Selatan. Akibatnya memang terjadi evaporasi air laut yang tinggi di bagian timur Samudra Pasifik dan menyebabkan terjadinya banyak awan di wilayah tersebut. Akan tetapi, adanya “warm pool” di bagian timur Samudra Pasifik, menyebabkan wilayah tersebut memiliki tekanan udara lebih rendah dibandingkan dengan bagian barat Samudra Pasifik (bagian timur Papua), hal ini menyebabkan melemahnya angin pasat (trade wind) di laut Pasifik dan menguatnya angin barat-an (dari barat ke timur) di Samudra Pasifik yang membawa uap air dari wilayah Asia Selatan dan Indonesia ke Samudra Pasifik karena sifat angin bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Pergerakan uap air oleh angin ke bagian timur laut Pasifik terjadi secara masif karena luasnya laut Pasifik. Hal ini yang menyebabkan mengapa di Indonesia kehilangan uap air karena kebanyakan uap air terbawa ke bagian timur samudra Pasifik dan menyebabkan hujan besar dibagian selatan USA dan pantai barat Peru. Dampak yang dirasakan di Indonesia khususnya sudah dapat ditebak, bahwa jika kejadian El-Nino tersebut terjadi pada saat musim hujan maka curah hujan yang diperoleh akan berkurang dan jika terjadi pada musim kemarau maka dapat menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan seperti pada tahun 1997-1998 yang merupakan tahun El-Nino terkuat yang terakhir kita rasakan di Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa El-Nino (ENSO) hanya salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi iklim di Indonesia, seperti misalnya : Indian Ocean Dipole, Suhu muka laut di perairan Indonesia, Asia Monsun dan faktor-faktor lokal.

    Semoga bermanfaat.

    • kadarsah said

      Jadi suhu permukaan laut di naik dan otomatis evapotranspirasi tinggi itu betul tapi itu terjadi di laut Pasifik yang dikenal istilah Pasifik Ekuatorial. Nah, karena luasnya daerah tersebut maka para ilmuwan membagi kedalam beberapa area sehinga dikenalnya istilah Nino3,Nino3.4,Nino1,Nino2. Sehingga menyebabkan definisi tentang El Nino pun akan berbeda yang selanjutnya akan dibedakan El Nino kuat,lemah dan moderate.

  54. syamsul said

    asslm… mw naya pak … untuk mengetahui indeks penguapan suatu perairan gimna ya??/ apakah kita butuh angin zonal , meridional atw angin komponen w? mohon penjelasannya… dari taruna amg

  55. Hendry.. said

    Mas ada data hujan harian di daerah jawa barat mulai tahun 1916 s/d 1988 ga? sy kalo ada boleh diminta ga? dibayar juga gpp, moga2 bisa dpat gratis…. thankyu..

  56. sayori said

    assalamualaikum…..

    saya mau nanya nihh

    gimana cara cari data-data curah hujan suatu daerah…
    soalnya klo minta dari data stasiun bmg kota tersebut pasti banyak syarat2nya…

    thx b4

    • kadarsah said

      Kalau memungkinkan bisa menggunakan data-data gratis yang disediakan di internet seperti data TRMM, NOAA,GPCP atau data lainnya.

  57. farid said

    assalamualaikum…..
    ms mau nanya…..

    data curah hujan kalimantan tengah nyari dimana ya?
    soalnya udah coba buka situs BMKG sama NOAA g ktemu….

    makasih sblumnya atas jawabannya

  58. Muhammad Farhad Idris (Ilkom IPB) said

    Dengan Hormat,

    Bapak Kadarsah perkenalkan nama saya Muhammad Farhad Idris, Mahasiswa Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor. Saat ini saya sedang mengerjakan skripsi saya untuk mengembangakan decision support system untuk pemillihan tanaman dalam konteks arsitektur lanskap. Salah satu metode pemilihan tanaman yang saya gunakan adalah menentukan tanaman berdasarkan keseuaiannya dengan lokasi pembuatan taman. Oleh karena itu saya saat ini membutuhkan data mengenai curah hujan, kelembaban udara, dan informasi iklim rata-rata kota-kota di jabodetabek.

    Berkaitan dengan skripsi saya, yang ingin saya tanyakan adalah apakah bapak memiliki informasi mengenai data yang saya perlukan tersebut, Pak? Besar harapan saya dapat memperoleh data tersebut sekiranya bapak berkenan dan memilikinya.

    Terima kasih banyak Pak atas perhatian Bapak.

    Hormat Saya,

    Muhammad Farhad Idris – Ilkom IPB

  59. Rohman Hakim said

    Ass.Wr.Wb. Salam Kenal dari saya,Data CH sangat lengkap dan bagus, saya yakin sangatlah bermanfaat. Bolehkah saya minta tolong dikirimkan metode penghitungan dan program-programnya? Karen a saya akan mengaplikasiokannya di DAS atau Sub DAS yang lebih mikro. Terima kasih sebelumya. Wass.

  60. Risma said

    Ass.Wr.Wb. Salam kenal. Saya punya permaslahan mengenai karakteristik curah hujan pulau jawa. Sy sedang mengerjakan tugas akhir mengenai curah hujan di pulau jawa dengan data 30 tahun, tapi saya belum dapat data curah hujan 30 tahun tersebut. Apakah Anda punya data curah hujan pulau jawa untuk 30 tahun? Jika ada bisa tolong dikirim? Terima kasih sebelumnya. Wass

    Balas

  61. mar'ah said

    mau tanya kalau rata – rata curah hujan di indonesia sekitar berapa ya,,,?

  62. fuad abraham said

    Ass slam kenal dari saya pak, saya fuad lg cari data curah hujan daerah porong (pusat semburan lumpur)mau neliti disana, kebetulan lagi susah cari data curah hujan 10 tahun terakhir, jika bapak bisa bantu saya sangat berterimah kasih sekali,…..budi baik bapak akan slalu saya ingat. nie email saya g3mb3l_04@yahoo.com ,,,,wassalam

  63. fuad abraham said

    saya mohon dibantu y pak…..

  64. kadarsah said

    Silakan akses alamat stasiun berikut ini:
    http://www.bmkg.go.id/alamatStasiun.bmkg?Jenis=URL&IDS=0802774641057456088
    Dan komunikasikan data yang di inginkan.
    Jika menginginkan data observasi satelit bisa menggunakan data TRMM.
    Alamat :http://trmm.gsfc.nasa.gov

  65. isa said

    selamat pagi pak…saya sedang membutuhkan data rata2 curah hujan indonesia tahun 1990-2005…dimana yah pak saya bisa dapatkan? mohon masukannya.

    terima kasih

  66. ira said

    Pak, saya memiliki data curah hujan tahunan dalam 10 th terakhir.
    Kira-kira selain untuk peramalan curah hujan periode berikutnya dan penentuan jenis tanaman berdasarkan curah hujan, data curah hujan tersebut dapat memberikan output apa, Pak?
    Dan tolong beri saya informasi dimana saya bisa mendapat data tentang output yang Bapak sebutkan.
    Terima kasih banyak, Pak…

    • fadli said

      Maaf permsi mbak…
      Kalau boleh saya minta tolong dikirimkan data curah hujan tahunan yang dalam 10 tahun terakhir tersebut ke email saya: fadli_rkt@yahoo.co.id, agar dapat diaplikasikan ke dalam tugas akhir saya.
      Terima kasih atas perhatiannya..

  67. Hendra said

    Mas mohon dijelaskan tipe-tipe hujan?
    Terimakasih

    • kadarsah said

      Pembagian hujan tergantung kita membaginya berdasarkan kriteria apa yang digunakan.
      Selama ini setidaknya dibagi berdasarkan
      1.proses terjadinya
      2.ukuran butirann
      3.tingkat curah hujan

      Jenis-jenis hujan berdasarkan proses terjadi:
      1.Hujan siklonal, yaitu akibat udara panas naik disertai dengan angin berputar.

      2.Hujan zenithal, yaitu hujan yang terjadi di daerah sekitar ekuator. Hujan tersebut akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara.

      3.Hujan orografis, yaitu hujan yang sering terjadi di pegunungan. Angin yang mengandung uap air tersebut menuju pegunungan, suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan.

      4.Hujan frontal, yaitu hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemu dengan massa udara yang panas. Tempat pertemuan antara kedua massa itu disebut bidang front. Karena lebih berat massa udara dingin lebih berada di bawah. Di sekitar bidang front inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujan frontal.

      5.Hujan muson atau hujan musiman, yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Di Indonesia, hujan muson terjadi bulan Oktober sampai April. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulan Mei sampai Agustus. Siklus muson inilah yang menyebabkan adanya musim penghujan dan musim kemarau.

      Jenis-jenis hujan berdasarkan ukuran butirnya

      * Hujan gerimis / drizzle, diameter < 0,5 mm
      * Hujan salju, terdiri dari kristal-kristal es yang suhunya berada dibawah 0° Celsius
      * Hujan batu es, curahan batu es yang turun dalam cuaca panas dari awan yang suhunya dibawah 0°c
      * Hujan deras / rain, curahan air yang turun dari awan dengan suhu diatas 0° Celsius dengan
      diameter ±7 mm.

      Jenis-jenis hujan berdasarkan besarnya curah hujan

      * hujan sedang, 20 – 50 mm/hari
      * hujan lebat, 50-100/hari
      * hujan sangat lebat, lebih 100 mm/hari

      • babeh37 said

        maap numpang tanya mas, kalo pengelompokan hujan berdasarkan curah hujan, referensinya dapet dimana ya mas..dulu saya nyari2 buat skripsi, walaopun dah lewat, mungkin akan berguna buat yg laen..

        tengyu

  68. Julius said

    Blog yg bagus, berbobot dan sangat mendidik. Saya mau nanya, sebenernya data curah hujan itu sifatnya rahasia ataukah orang2 yg memerlukan utk sains dan teknologi boleh mendapatkannya? Terimakasih. +Joe

    • kadarsah said

      Kalau saya berpendapat data itu milik publik sebab proses pengambilan datanya menggunakan data publik melalui mekanisme pajak, sehingga semua bebas memilikinya dan mengaksesnya secara cepat tepat dan akurat.
      Kalaupun ada mekanisme untuk tertib administrasi tidak menghalangi dan memperlambat proses pengaksesannya.

  69. a.martha said

    mas, punya referensi data ch atw peta ch daerah kabupaten indramayu tdk? jika tidak, kemana saya harus mencari? mohon bantuannny ^^

  70. Puji said

    Mas, ada referensi data ch & jml hari hujan untuk daerah kabupaten tulung agung ga? saya sdh buka situsnya bmg tp ga tersedia. Mohon bantuannnya. Trimakasih banyak…

  71. sigit sasmito said

    Hallo Bapak, saya salut dengan pemaparan Bapak mengenai klimatologi dan meteorologi.
    Saya Sigit, mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB. Saya ingin tanya, apakah Bapak punya referensi tentang persamaan Tbb(cloud brightness temperature) versus rain rate(mm/hour or mm/day)?, tentunya untuk wilayah di Indonesia. Ditunggu jawabannya ya Pak.
    Thanks.

    Salam,
    Sigit

  72. Eka Febrianti said

    Bapak, saya mau tanya, kalau nyari nilai Kumulatif Curah HUjan harian dengan menggunakan GRADS,ada g persamaan khususnya???

    Soalnya, saya menggunakan sum untuk jam 1-12 siang, tapi nilai kumulatifnya besar sekali….

    Bahkan nilainya sangat besar, sekitar 500 mm…

    terima Kasih Pak

  73. triatmo said

    saya akan mengerjakan TA dg tema optimasi stasiun curah hujan di semarang… optimasinya saya menggunakan cara kagan, koefisien variasi dan cara kriging.
    mau tanya :
    1. cara apa lagi yg bisa digunakan utk optimasi stasiun curah hujan
    2. apakah cara kriging (yg ordinary kriging atau robust kriging),bisa digunakan melakukan optimasi tsb dan menentukan letak2 stasiun yg optimum.
    terimakasih

  74. abenk said

    ass…sblum nya slam knal mas………saya lg ngerjain TA mas judul nya “signifikansi hubungan potensi rawan bencana longsor di padang dengan perubahan curah hujan (2004-2009)”permasalahan saya skarang mas saya data curah hujan yang saya perlukan belum saya dapat…apakah mas punya data yang saya perlukan kalo ya bs d krim k email saya mas “th3mpoy4k_4s4m@ymail.com”dan dmn saya bs ambil data nya.
    trim’s

  75. abenk said

    kalo tidak ada dmn saya bs cari lg data nya….

  76. abenk said

    oh ya mas dat CH untuk tahun 2004-2009 dmn cr nya mas

  77. Hendo Radugafe said

    Ass Wr Wb
    Saya sedang meneliti jumlah Lubang Peresapan Biopori yang akan dibuat di Kampus saya yang terletak di Cengkareng, Jakarta Barat.
    Data yang di perlukan yaitu Intensitas hujan (mm/jam) berarti ini data curah hujan harian, betul tidak?
    Dimana Saya bisa mendapatkan data tersebut?
    Apakah BMKG Bandara Soekarno-Hatta bisa memberikan yang saya perlukan…??
    terimakasih sebelumnya.

  78. ass,,
    lam kenal mas
    saya mau minta tolong kmas minta data curah hujan daerah kabupaten banyumas tahun 2007 sampai 2009.
    coz data digunakan untuk skripsi
    tolong y mas n makasie sebelumnya.
    data dikirimin k email saya
    lin4_ria@yahoo.com
    wassalam

  79. frandaazkia said

    ada nggak data curah hujan provinnsi jawa barat

  80. Siti Masreah Bernas said

    Salam kenal
    Saya perlu data curah hujan rata-rata selamat sepuluh tahun terahir, bisa dari data yg mas punya (Peta)tapi untuk SUmatera selatan saja, bisa dalam bentuk tabel atau grafik (data bulanan), data saya perlukan untuk menulis buku pengeleloaan daerah aliran sungai musi. Makasih banyak ditunggu balasannya
    bu siti

  81. agoes johan warokka said

    salam kenal buat semuanya . Saya mohon informasi masalah cara perhitungan curah hujan rata 2 untuk menjadi dasar perhitungan debit Q terima kasih .mohon dikirim lewat email saya agoes@wonosobo.com

  82. ichsan said

    salam……….
    bisa bantu kirim data curah hujan rata-rata tahunan diwilayah jatim
    trims

  83. ichsan said

    saya butuh untuk penelitian data rata-rata tahunan tahun 1970-2010
    trimakasih

  84. chaidir said

    aslm. saat ini saya sedang melakukan penelitian mengenai pola perubahan iklim. saya tertarik mengenai isi blog ini. saya telah mengecek ke situs data TRMM. tetapi masih bingung mengenai alurnya karena terlalu banyak link. jadi tolong pengarahannya untuk data hujan permukaan bulanan dan temperatur permukaan untuk kota bantaeng sulawesi selatan. mohon bantuaanya pak. sekian Wassalm

  85. Yan Kuryana Wiradipura said

    DH,

    Maaf saya butuh informasi mengenai jumlah hari hujan yang berturut-turut dan durasi hujannya untuk 1 tahun selama 3 tahun?

    Apakah Bapak mempunyai informasi tersebut?

    Salam, Yan

  86. Yan Kuryana Wiradipura said

    DH,

    Maksud saya untuk wilayah Indonesia secara umum, atau bisa spesifik untuk Jakarta saja.

    Terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

    Salam, Yan

  87. ella septri said

    saya bisa minta data curah hujan kota batam,kepulauan riau dan rokan hilir,riau selama setahun pada tahun 2010 dalam bentuk data angka secepatnya kalau bisa sekarang saya tunggu.. mohon bgt bantuannya untuk tugas kuliah T_T

  88. Anggit P said

    Mas, saya mau tanya.
    Saya akan melakukan Penelitian Tentang Bionomik nyamuk di suatu lokasi (kelurahan) dimana curah hujan menjadi salah satu Variabel/faktor yang mempengaruhi dan akan diukur, waktu pengamatan (dalam 2 bulan.
    Pertanyaan saya:
    1. Apabila lokasi tersebut tidak ada stasiun pemantau hujan, bolehkah (aspek legal berdasarkan UU Klimatologi) saya melakukan pengukuran sendiri dengan membuat stasiun pengamatan OBS. dengan membuat rain gauge OBS Sederhana.
    2. jika memang hal itu legal dan boleh, berapakah idealnya pemasangan titik pemantau (rain gauge) dalam satu lingkup kelurahan(kurang lebih 200.000 Ha)
    Oh Iya, saya Juga Mohon Bantuan Desain alatnya (beberapa saya lihat ada di google, namun detailnya belum jelas)

    Terimakasih Atas Bantuannya.

    • kadarsah said

      1.Pengukuran bisa dilakukan dengan alat yang digunakan menggunakan alat yang telah dikalibrasi, data yang digunakan untuk keperluan penelitian dan tidak disebarkan ke publik ( mohon dilihat lagi UU MKG)
      2.Ideal pemasangan sesuai dengan standar WMO ( kalai gak salah tiap 5 km), alatnya bisa di beli di penyedia alat meteorologi dan klimatologi.

  89. MHYA said

    InformSI PET di Atas bagus
    TPI bagaiman cara menganalisis peta d atas??????????????

    mhon solusinx

    makasihhh

  90. denmoko said

    saya tertarik dengan aplikasi Grads, terutama yang berhubungan dengan klimatologi.
    data yang dipakai pak Edvin itu data observasi atau data global..?
    kalopun misalnya keduanya, bagaimana cara pengoperasiannya di Grads..?
    rencananya saya ingin membandingkan antara data global dengan data observasi.

    terima kasih…

    • kadarsah said

      Data yang digunakan oleh pak Edvin merupakan data observasi, pengolahaannya dengan menggunakan metode gridding di GrADS sudah ada scripts untuk itu.
      Kalau hasil keluaran model sangat mudah untuk digunakan oleh GrADS.

  91. alawi said

    Mas saya mau tanya,,
    bagaimna kalo dalam suatu evaluasi jaringan stasiun hujan,kita mendapatkan koordinat stasiun hasil evaluasi berada di hutan, apakah stasiun tersebut tetap diletakkan disana atau pada koordinat tesbt tdak dipasng stasiun sama sekali?
    terimakasih

  92. Mega said

    Selamat Siang
    Salam Kenal

    Saya saat ini sedang mengerjakan Tugas Akhir tapi memiliki kendala dalam data? Saya sudah menghub pihak BMKG tapi belum ada jawaban… Saya mohon bantuannya, apakah Pak Kadarsah memiliki data curah hujan Pulau jawa selama 30 tahun yaitu tahun 1980 – 2010? Data tersebut rencananya saya akan uji dengan fuzzy.. Saya mohon sekali bantuannya. Atau bagi siapa saja yang mau membantu saya.

    Terima Kasih Banyak

  93. Mega said

    Selamat Siang
    Salam Kenal

    Saya saat ini sedang mengerjakan Tugas Akhir tapi memiliki kendala dalam data? Saya sudah menghub pihak BMKG tapi belum ada jawaban… Saya mohon bantuannya, apakah Pak Kadarsah memiliki data curah hujan bulanan Pulau jawa selama 30 tahun yaitu tahun 1980 – 2010? Data tersebut rencananya saya akan uji dengan fuzzy.. Saya mohon sekali bantuannya. Atau bagi siapa saja yang mau membantu saya.

    Terima Kasih Banyak

  94. Burhanuddin said

    pa’ saya tertarik sekali dengan apa yang bapak terbitkan. dan saya banyak berharap dari bapa’ tentang informasi mengenai curah hujan.

  95. ady said

    mas lam knl smua
    saya bs mnta data curah hujan perhari selama 20 tahun gk dr anda ?

  96. fikrifazri said

    kam knal smua.
    sya minta data curah hujan 2010. untuk daerah tasikmalaya. klo ada bisa dibalz, tnk

  97. alfa said

    mas2 saya mau nanya,apasih yg di maksud dngan R80?
    trs cara menghitungnya bg mana?trima ksih….

  98. yus said

    pak ijin bertanya dan mohon bantuannya,, untuk menganalisa hujan besar dan angin besar pada januari di jakarta kemarin dengan grads itu gimana ya pak ?
    yang saya tau pada januari kemarin itu adanya monsun barat, dan angin besar yang banyak memakan korban merupakan dwondraft awan cb. serta adanya el nina yang merupakan scala global, dan untuk menganalisa dengan grads dari kejadian semua itu gmn ya ? mohon sangat bantuannya. trimakasih

  99. nur said

    maaf pak,saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan..
    1. apa yang dimaksud dengan curah hujan ekstrim?
    2. apakah bapak pernah mendengar tentang analisis filter bank?
    3. menurut bapak dalam klimatologi data apa yang termasuk kedalam data musiman?
    4. analisis apa yang biasa digunakan untuk menduga curah hujan ekstrim, karena Insya Allah karya ilmiah saya berhubungan dengan curah hujan ekstrim dan akan menggunakan regresi kuantil.
    5. mohon jurnal atau artikel terkait tentang regresi kuantil.

    terima kasih atas waktunya pak.

  100. Dwi said

    Saya awwam soal klimatologi, tapi dari banyak bahasan dan pertanyaan, kok terlalu banyak yang menanyakan data curah hujan tahun yang sudah berlalu??? hehehe, gunanya untuk apa, wong sudah berlalu…Yang paling urgen adalah estimasi curah hujan misalnya untuk satu tahun ke depan dalam suatu kota tertentu..wah itu sangat membantu dalam banyak hal..pertanian, perikanan, dan lain2..
    Di mana saya bisa mendapatkan data ramalan curah hujan bulanan untuk tahun 2012 untuk kota Jember????

  101. Yasin said

    Jika berkenan ada pertanyaan yang ingin saya ajukan.

    Jika ingin mencari data curah hujan dan hari hujan Kota Bogor 10 tahun kebelakang untuk keperluan penelitian, apakah data bisa saya dapatkan di Stasiun Klimatologi Kelas 1 di Bogor atau harus ke BMKG pusat?

    Salam
    Yasin

  102. Bamz said

    Mbak ato Ibu ya panggilnya?
    gini mo nanya ni klo membaca biplot dari metode PCA di R itu gimana ya…?
    maaf masih newbie baru” belajar…

  103. Untung Sutrisno said

    Bpk/Ibu mohon infonya saya membutuhkan data curah hujan utk semarang timur kalau bisa spesifik lagi 3 stasiun yaitu Maritim, Karangroto dan Kalisari utk periode 10 tahun : 2001-2010 , hal ini berhubung dengan tugas kuliah + pekerjaan yang kebetulan juga butuh data yang sama , matur nuwun , terimakasih

  104. puji said

    bpk/ibu yang terhormat mhn info berapa standar rata-rata curah hujan/tahun untuk indonesia mencapai nilai maks dan minumum. Mohon kalau ada referensinya.maturnuwun

  105. Mahyudi said

    Bapak/Ibu, mohon bantuan ada yg punya data curah hujan propinsi jambi tahun 2007-2012? mohon dapat di email ke yudi_stesis@yahoo.co.id…………Terima Kasih….

  106. willar said

    saya mohon bantuan…. saya mahasisawa dan sekarang lagi menyusun tugas akhir… tetapai ketika mau mengambil data untuk suatau wilayah contohnya kendari ( sultra), data yang ada belum lengkap dikarenakan data stasiun hujan yang ada tidak mewakili setiap wilayah yang diamati sehingga wilayah lainnya tidak termasuk dan cuma disatukan.padahal saya berencana untuk memverikan gambaran lebih detail untuk tiap-tiap wilayah yang ada…. kira-kira cara yang paling baik itu bagaimana ? mohon bantuannya

  107. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew
    of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter
    updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

  108. Muhamad Khairul Bahri said

    Salam,

    Dimana saya bisa mendapatakan data curah hujan bulanan suatu daerah (kota, propinsi) dari tahun 1960-an sampai tahun ini?

  109. bony said

    ijin bertanya pak.,.,dari gambar tsb, saya liat ada output nilai curah hujan di lautan, apa data penelitian pak aldrian ini menggunakan data obervasi lapangan saja tanpa memasukkan juga data hujan remote sensing (trmm, dll.),.., karena biasanya data hujan observasi lapangan di indonesia hanya ada didaratan.,. mohon penjelasannya.

    terimakasih
    bony

  110. yunita kanser said

    mohon bantuan ibu/ bpk…bagaimana cara mendapatkan data curah hujan bulanan kota samarinda tahun 2012 ke bawah…karena data yang dicari sulit didapat,,mohon kirim jawaban ke alamat email saya kanseryunita@yahoo.co.id..

    • bony said

      Mbak yunita kanser butuh data curah hujan bulanan samarinda dari tahun brapa sampai brapa???? Untuk kpentingan apa curah hujan tersebut?? Trims…

  111. Ibrahim said

    mohon bantuan ibu/ bpk…bagaimana cara mendapatkan data curah hujan bulanan kota bali tahun 2000-2010…karena data tsb buat kelengkapan Skripsi, yang dicari sulit didapat,,mohon kirim jawaban ke alamat email saya ibrahim_plbg@yahoo.com

  112. […] Rata-rata curah hujan bulanan indonesia (1961-1993 […]

  113. Bayu said

    Perkenalkan saya bayu sedang menyusun disertasi ttg income shock.. mohon bantuan bapak atau ibu bagaimana mendapatkan data curah hujan bulanan yang diterbitkan oleh BMKG yang diukur pada 35 sampai 45 stasiun untuk 50-100 tahun. Tks.. Wass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: